Translate

Monday 9 March 2015

Tips Memotret HITAM PUTIH atau BW



Selamat Sore menjelang malam. Seteleh beberapa waktu lalu saya sedikit memberikan tips tentang bagaimana memotret landscape dan makro, maka sekarang sudah waktunya untuk berbicara sedikit tentang konsep hitam putih atau BW di dalam fotografi.

Banyak yang beranggapan bahwa, foto dalam bentuk Hitam Putih atau BW adalah jenis foto yang kuno, ya memang anggapan itu benar dan tidak bisa disalahkan, karena identik dengan kecangihan kamera pada waktu itu memang belum bisa mengimplementasikan sebuah warna didalam sebuah hasil cetakan gambar atau foto, tetapi, biarpun kondisi teknologi di dalam dunia fotografi meningkat tajam, tidak mengurangi penikmat foto dengan kualitas dua warna ini hilang atau tengelam, justru sebaliknya, penikmat foto BW semakin melonjak tajam, ditambah beberapa tahun yang lalu dalam ajang suatu kontes fotografi portrait di amerika, memenangkan sebuah konsep fotografi portrait dengan konsep hitam putih atau BW, dan seniman yang berhasil memenangkan the best portrait foto itu tak lain dan tak bukan adalah lee Jeffries

Dan sekarang saya akan sedikit berbagi tips yang sebenarnya tips ini sudah pernah diulas oleh belfot.com tetapi untuk mengingatkan dan menambah wawasan kita semua pecinta fotografi, maka tidak ada salahnya apabila saya mengutip kembali artikel tersebut. Langsung saja kita ke tips pertama.

1. Potretlah dalam mode warna – Kamera digital menghasilkan rentang tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 channel – Red, Green dan Blue atau RGB. Untuk itulah, foto hitam yang dihasilkan dari pengolahan foto warna menggunakan photo editor dikomputer akan cenderung lebih baik kualitasya

2. Setting ISO serendah mungkin – Noise (bintik-bintik kecil putih yang muncul di foto anda) akan tampak lebih menonjol dalam foto hitam putih dibanding dalam foto warna. Gunakan ISO serendah mungkin supaya pada saat foto di proses nantinya, noise bisa diminimalkan.

3. Mendung adalah saat terbaik – Adanya mendung akan membuat kontras lebih rendah, dan ini adalah saat terbaik untuk membuat foto hitam – putih. Anda tidak akan terlalu perduli warna langit yang abu – abu, toh dalam foto hitam putih tidak akan terlalu terlihat.

4. Eksploitasi tekstur, pola dan garis – Dalam foto hitam putih, tekstur – pola dan garis akan lebih terlihat menonjol dan semakin menarik. Untuk itu eksploitasi-lah jika anda menemukan adanya komponen tersebut.

5. Sidelighting adalah cahaya terbaik – Ketika memotret di luar ruangan untuk foto hitam putih anda, tonjolkan bentuk secara maksimal dengan mengandalkan pencahayaan samping (sidelighting), sehingga jatuh bayangan jadi sangat menarik. Sidelighting terjadi saat anda memotret di pagi atau sore hari.

Sekian adalah tips untuk memotret hitam putih dan BW semoga tips tersebut bisa memberikan tambahan ilmu bagi para pembaca blog saya, terlebih buat pecinta fotografi.

Terima kasih.

Salam.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...