Translate

Wednesday 26 November 2014

Tips memilih/membeli lensa bekas/second

Hai, para sahabat blogger !! Setelah saya posting artikel saya tentang tips cara memilih atau membeli Kamera bekas atau second, saya masih ingin berbagi tips pada anda semua.


Artikel terkait : Jenis-Jenis Lensa beserta fungsinya

Pentingnya sebuah lensa didalam fotografi ibarat seperti piring dan sendok ketika kita makan, yang tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu penting buat kita agar tahu bagaimana lensa yang baik dan bagus yang bisa dibilang layak untuk kita dapatkan, terutama disaat kita akan membeli lensa bekas. Sekarang tiba saatnya untuk saya bagikan beberapa tips untuk anda semua tentang bagaimana kiat-kiat atau tips dalam membeli lensa bekas atau second.

Note :
SEBELUM ANDA MEMBELI, Bawalah serta kamera anda !!!

Ok, langsung saja pada tips no.
1. Cek Body lensa, seperti yang kita tahu, penampilan adalah hal yang paling utama dalam menilai suatu benda, entah itu terawat atau tidak kita bisa mengetahui itu dari fisiknya terlebih dahulu. Hal yang perlu anda perhatikan dalam mengecek keadaan atau kondisi body adalah sbb :

Pastikan tidak ada lecet !! Jikapun ada pertimbangkan sebab nya. Entah jatuh atau tergores tentunya mempunyai pengurangan nilai barang yang berbeda

Pastikan Karet grip pada lensa tidak mengelupas atau menggelembung ! Hal ini penting karena berhubungan dengan kenyamanan anda waktu memotret atau berkarya.

2. Perhatikan Kemulusan dan kebersihan lensa kaca nya, disini perlu anda amati di dalam susunan lensa tersebut apakah ada bekas goresan pada kaca lensa (biarpun dalam berbagai kasus goresan pada kaca lensa tidak berpengaruh pada hasil, tapi disini kita menilai dari segi nilai ekonominya, karena siapa tahu anda bosan trus mau anda jual kembali?) Dan apakah ada jamur atau debu didalamnya, tentu saja hal ini akan mempengaruhi kualitas gambar nantinya, seiring dengan besar kecilnya jamur yang menempel pada lensa kaca, sehingga anda bisa mempertimbangkan biaya untuk perbaikan dan pembersihannya. (Jika tahap ini bisa dikatakan kondisi lensa cukup Parah, sebaiknya anda jangan membeli lensa tersebut)

3. Cek tombol IS, AF,VR.OS (Auto fokus hingga Image Stabilizer) atau sejenisnya, jika lensa yang akan anda beli mempunyai fitur-fitur tersebut, karena jika salah satu fitur tersebut tidak berfungsi, maka anda harus pertimbangkan biaya perbaikan untuk salah satu fitur tersebut,-

4. Cek apakah lensa yang ingin anda beli kompatible dengan kamera yang anda punya !!! Cara ini bisa diketahui dengan trus dicoba pada kamera anda, apabila lensa tidak kompatible maka di layar lcd kamera anda akan muncul kode : Err  01. Jadi pastikan anda minta garansi kepada penjual apabila, jika lensa tidak kompatible bisa dikembalikan atau semacamnya.

5. Cek kelengkapan barang jika ada (tentunya sesuai dengan yang penjual janjikan)

6. Silahkan anda melakukan proses jual beli setelah anda melewati beberapa tips dengan berbagai pertimbangan diatas dan setelah anda nego dan yakin tentunya ,- hehehe


Semoga postingan saya bisa membantu anda semua dalam menentukan lensa pilihan anda sebelum anda memutuskan untuk membeli,-

Ingat Teliti Sebelum Membeli !!!

Baca juga : Jenis-jenis Kamera dan tips membeli kamera bekas atau second

Budayakan berkomentar dengan baik, dan untuk pertanyaan bisa diajukan ke kolom komentar dibawah.

Terimakasih,

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...