Translate

Wednesday 26 November 2014

Mengenal Exposure dan apa itu exposure ?!!

Mengenal Exposure dan apa itu exposure ?!!

Hai, sahabat blogger !! Pada kesempatan hari ini saya ingin membagikan sedikit pengetahuan saya tentang Exposure dan apa itu ?  

Tentunya pembaca sedikit banyak pasti sudah mendengar kata exposure, tapi apakah anda tau apa makna dan arti kata exposure ? Di dalam dunia fotografi ada beberapa proses perekaman gambar yang diproyeksikan oleh kamera menjadi sebuat foto, baik itu dalam bentuk film maupun digital, proses apa itu dan bagaimana ?

Ok, sederhananya begini, Cahaya (ISO/ASA)  yang memasuki lensa (Aperture) untuk beberapa waktu tertentu (dalam keadaan ini ditentukan oleh Shutter Speed) akan muncul sebuah gambar yang terekam didalam kamera (entah film atau digital), setelah melalui tahap atau proses tersebut munculah gambar yang dimana itu dari dulu hingga sekarang disebut Exposure.

Banyak yang bertanya kepada saya "gimana ya agar hasil foto saya sama persis seperti apa yang saya lihat ??!!" Dan saya selalu memberi jawaban yang sama, yaitu "exposurenya harus tepat" lalu gimana caranya ?

Baca : Jenis-jenis kamera dan lensa.

Sebelum saya bahas bagaimana caranya ada baiknya anda pahami dulu apa itu exposure, jadi setelah anda baca artikel saya diatas, apakah anda masih menganggap bahwa exposure adalah hasil gambar ? Jika "Iya" berarti anda salah ! Ingat sebelum ada hasil, ada tahapan proses yang dimulai sebelumnya, yaitu tentang bagaimana cahaya, lensa (aperture), dan waktu merekam (kecepatan rana/shutter speed) bekerja menghasilkan gambar tersebut.

Seiring perkembangan teknologi, banyak bermunculan jenis-jenis kamera, kamera digital yang dimana selalu menyuguhkan segalanya dengan otomatis membuat segala proses cahaya,lensa, dan kecepatan rana bisa melakukan tugasnya masing-masing tanpa kita perlu repot mengotak-atiknya. Sehingga kemudahan itu sering buat kita terlena, padahal tak jarangkan kita mengeluh soal hasil gambar yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan ?.

Tentunya para pembaca pasti punya kamera yang serba otomatis tersebut, dan hanya putar ke mode Auto lalu tekan tombol shutter speed maka keluarlah hasilnya, "Wow, segalanya terasa hebat !!!" Tapi saya bisa jamin bahwa hasil itu tidak bisa selalu konsisten, dan anda pasti sadari itu. Jadi bagimana ?

Mengenal exposure dan apa itu exposure ?

Untuk mengenal exposure anda harus berani singkirkan kebiasaan itu, dan beralih ke mode manual, karena setahu dan sepanjang pengalaman saya, saya hanya bisa menghasilkan exposure yang tepat di mode ini. Dengan membiarkan light meter  menuntun saya, sekarang saya ingin anda catat ini !, setelah membaca blog ini entah anda membaca melalui smartphone anda dirumah atau mungkin diwarnet, segeralah ambil kamera anda dan keluarlah dari rumah anda, 
putar mode kamera anda ke mode Manual, (lihat gambar dibawah ini )


lalu tetapkan ISO 200 di kamera anda dengan Aperture (diafragma, biasa ditandai dengan huruf "F" dimenu kamera) di angka f5,6, (lihat Gambar dibawah ini),


kemudian carilah benda atau objek yang terkena cahaya dengan baik dan arahkan titik fokus anda ditengah ke arah objek yang terkena cahaya tadi, lalu sesuaikan shutter speed anda mengikuti light meter anda (sensor biasanya berada di bawah atau samping membentuk garis-garis didalam view finder anda), lihat gambar dibawah.
hingga tanda yang bergerak, berhenti persis di tengah atau tepat diangka nol.- lalu tekan shutter nya dan, Benar !! Anda sudah menghasilkan exposure yang tepat !!

Saya harap bukan catatan dari saya yg anda ingat, tapi catatlah pengalaman itu sebagai dasar untuk masa depan anda, yang telah menemukan Exposure tepat, hehehe.
baca jenis - jenis kamera dan lensa

Demikian artikel tentang Mengenal exposure dan apa itu exposure, selanjutnya saya akan bahas soal Segitiga Fotografi. Budayakanlah komentar positif dan salam

Sumber : Image

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...