Translate

Tuesday 18 November 2014

Awal mula terciptanya kamera dan Perkembangan Fotografi di dunia

Awal mula terciptanya kamera dan Perkembangan Fotografi di dunia

Kemajuan teknologi turut memacu fotografi secara sangat cepat. Kalau dulu kamera sebesar tenda hanya bisa menghasilkan gambar yang tidak terlalu tajam, kini kamera digital yang cuma sebesar dompet mampu membuat foto yang sangat tajam dalam ukuran sebesar koran.


Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk "ruang gelap".
Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak orang dengan sebutan kamera potret.


Kamera sendiri secara prinsip kerja sudah ada bahkan Sebelum Masehi, tokoh yang ikut berkontribusi pun banyak, termasuk ilmuwan Aristoteles.- tapi justru Johanes Keppler lah yang bisa membawa kamera ke arah yang lebih modern, dengan bentuk dan desain yang portable, hal ini turut mempengaruhi perkembangan kamera setelahnya. Dan pada abad 19  Tokoh pengusaha yang bernama George Eastman mulai mengembangkan fotografi modern dengan menciptakan serta menjual roll film dan kamera yang praktis, dimana sejalan dengan berkembanganya perbaikan lensa, shutter, film dan kertas foto.




Lalu dunia fotografi terus menujukan peningkatan, itu terbukti pada tahun 1950 mulai digunakan prisma untuk memudahkan pembidikan pada kamera Single Lens Reflex (SLR), dan pada tahun yang sama Jepang mulai memasuki dunia fotografi dengan produksi kamera NIKON. Hingga Sampai sekarang kemajuan teknologi terus mempengaruhi perkembangan kamera.

baca : Sejarah Fotografi dan Jenis-Jenis Fotografi

Begitulah sepenggal wawasan saya, tentang awal mula kamera dan perkembangannya didunia,dan selanjutnya saya akan bahas tentang jenis-jenis Kamera dan cara kerjanya,

Salam

sumber : wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...