Translate

Tuesday 3 February 2015

Memahami Cahaya dalam Fotografi Part 2

Mengenal Arah Cahaya

setelah saya kemarin bahas tentang karakterisik dan sumber dari berbagai cahaya dalam dunia fotografi klik diSINI untuk membacanya, sekarang saya akan lebih menekankan bagaimana pentingnya arah cahaya didunia fotogafi.


pada gambar diatas saya sengaja memilih manusia sebagai objek, supaya temen-temen bisa lebih memahami efek dan hasil yang didapat dari arah cahaya memahami efek dan hasil yang didapat dari arah cahaya tersebut. dan tentunya dengan memahami arti dari efek yang dihasilkan dari berbagai arah cahaya bisa membuat kita semakin kreatif dalam berkarya baca juga: Mengenal Eksposure dan apa itu Eksposure !!! . biar lebih maknyuss langsung saja kita bahas.

Cahaya Depan
cahaya depan atau disebut juga Front Light adalah sumber cahaya yang didapat atau berasal dari depan objek foto kita, memotret dengan sumber cahaya tersebut sangat lah mudah digunakan apalagi bagi pemula ataupun seseorang yang bahkan belum pernah memotret sebelumnya. atas dasar inilah kenapa pada era kamera digital modern seperti saat ini, hampir semua kamera memasangkan atau menambahkan fungsi flash di dalam bodi kamera (build in) dengan tujuan semua bisa menggunakannya semudah mungkin dengan hasil yang sangat bagus.

Cahaya Samping
cahaya samping atau juga disebut dengan Side Light merupakan sumber cahaya yang menurut saya adalah sumber cahaya terbaik yang pernah ada, alasannya karena dengan sumber cahaya ini kita atau khususnya saya bisa menghasilkan gambar atau foto dengan tingkat kontras yang tinggi dan hasil yang lebih dramatis

Cahaya Belakang
Cahaya belakang atau Back Light adalah cahaya yang bisa didapatkan dari belakang, dimana posisi objek mebelakangi sumber cahaya, sumber atau jenis cahaya belakang sangatlah sering digunakan untuk memotret sebuah landscape dengan latar belakang sunrise atau sunset, dan didunia modeling sumber cahaya dari belakang digunakan untuk menampilkan sebuah garis atau line dari objek sehingga menimbulkan efek yang elegant dan natural.

Cahaya Atas
Sumber Cahaya daari atas atau biasa juga disebut Top Light adalah sumber cahaya yang menempatkan objek dibawah sumber cahaya itu sendiri, dengan berkembangnya dunia fotografi saat ini, yang dimana didominan oleh jenis fotografi Potrait, klik diSINI untuk mengenal jenis-jenis fotografi dengan memanfaatkan sumber cahaya dari atas bisa menampilkan hasil yang maksimal dari segi detail objek dan efek dramatis yang didapat.

dari jenis arah cahaya yang saya ulas diatas, telah terjadi beberapa improve atau modifikasi dari tata letak sumber cahaya tersebut, sehingga tidak ada batasan untuk kita dalam menentukan bagaimana arah cahaya yang kita inginkan, sehingga kita dituntut untuk terus berimprove dalam menentukan jenis arah cahaya, bahkan kita bisa menggabungkan beberapa sumber cahaya dari berbagai arah.

jadi sekian untuk memahami Cahaya dalam fotografi, next saya akan bahas tentang bagaimana cara menentukan titik exposure yang baik dan tepat.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...